Apa itu BCAA ?



BCAA adalah singkatan dari Branch Chain Amino Acids.
Suplemen yang berperan penting dalam membangun massa otot dan meningkatkan kinerja serta performa fisik bagi siapapun yang mengonsumsinya.

Di antara Anda mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu BCAA, bagaimana cara kerja BCAA, dan kapan waktu yang tepat menggunakannya.
BCAA merupakan kumpulan dari berbagai asam amino. Secara sederhana, asam amino adalah blok pembangun protein dan pertumbuhan otot. Setiap protein yang Anda makan akan diolah oleh tubuh untuk diubah menjadi asam amino sehingga tubuh Anda dapat menyerap dan menggunakannya.
Asam amino yang Anda dapatkan dari sumber protein disebut asam amino esensial. Alasannya, tubuh tidak memproduksinya secara alami tetapi harus diperoleh dari asupan makanan. Ada 9 asam amino esensial, yaitu histidin, isoleusin, leusin, lisin, metionin, fenilalanin, triptofan, dan valin. BCAA terdiri dari 3 asam amino, yaitu leusin, isoleusin, dan valin. BCAA adalah asam amino sederhana yang digunakan untuk membentuk jaringan otot.
35% dari otot kita dibentuk oleh BCAA dan BCAA harus selalu ada dalam tubuh untuk membantu pertumbuhan otot. Selain itu, BCAA juga digunakan untuk menyeimbangkan pelepasan hormon dan fungsi otak.
BCAA sangat baik untuk dikonsumsi ketika Anda berolahraga, karena saat itu tubuh akan menghabiskannya simpanan glikogen dan mulai mengirim sinyal untuk menghentikan sintesis protein. Hal ini membuat tubuh Anda menjadi katabolik atau memecah otot.
Berikan tubuh Anda asupan BCAA untuk membalikkan efek katabolik sehingga tubuh dapat melanjutkan sintesis proteinnya serta merangasang pertumbuhan otot yang lebih baik dan daya pulih yang lebih cepat.
Sebenarnya BCAA terkandung dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, terutama makanan berprotein. Namun demikian, ketika kita berlatih intensif, kebutuhan BCAA tubuh pun akan meningkat sehingga suplemen BCAA pun perlu dikonsumsi untuk memasok BCAA ke dalam tubuh.
Suplementasi BCAA dapat dikonsumsi sebelum dan sesudah latihan. Jika Anda ingin melakukan latihan beban dan kardio dalam satu sesi latihan, cobalah konsumsi BCAA selama latihan atau tepat sebelum sesi kardio Anda. Suplementasi ini akan mencegah penyusutan otot selama latihan aerobik sekaligus memberikan Anda energi ekstra.
MEngonsumsi BCAA sebelum melakukan latihan jangka panjang seperti kardio dan latihan beban, dapat mencegah kerusakan otot. Secara keseluruhan BCAA merupakan salah satu suplemen dengan manfaat berlimpah untuk mendukung program latihan Anda. BCAA adalah pilihan tepat untuk membantu meningkatkan hasil latihan Anda.
Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis steroid

Whey Protein apakah itu? Manfaat Whey dalam membakar lemak